Senin, 20 Juni 2016

PERLUNYA KEMANDIRIAN SEBAGAI KEBUTUHAN REMAJA UNTUK MASA DEPAN (BAGIAN I )

Banyak negara di dunia ini yang penduduknya mengalami proses penuaan, sementara kelahiran generasi penerusnya tidak sebanding dengan proses penuaan yang terjadi dan yang meninggal dunia, kondisi ini tidak hanya terjadi di negara barat saja, bahkan seperti Jepang, Korea, Taiwan dan Singapura justru terjadi pertumbuhan penduduk yang relative tinggi.



Disamping faktor demografi tersebut, faktor geo-ekonomi juga berpengaruh penting, pada akhir tahun 2015 atau awal tahun 2016 negara ASEAN untuk membentuk kawasan/ Pasar bersama ekonomi ASEAN yang berimplikasi lahirnya  Free Flow Skilled worker ( Alur bebas pekerja ahli ) di anggota negara ASEAN, yang merupakan suatu keadaan baru. Dengan memcermati keadaan tersebut,maka perlunya dipersiapkan generasi penerus ini, agar nantinya mampu bersainjg dalam kondisi seperti ini, karena disamping Indonesia menjadi pasar barang dan jasa, juga menjadi pasar tenaga kerja terampil.

Syarat pertama agar seseorang punya kemampuan bersaing, tentu  saja adalah kemampuan mebangun dan mengembangkan nilai nilai semangat kemandiriannya. Di maksud mandiri bukan sempit sebagai mampu menyelesaikan persoalan secara sendirian, tetapi mampu melakukan terbosan terobosan penyelesaian berbagai jenis masalah dan persoalaan secara sistematik,bertahap dan terorganisasi. Untuk mencapai kemampuan seperti ini , maka kemandirian merupakan syarat dasar yang diperlukan.

Apa yang dimaksud kemandirian ?

Kemandirian meruapakan suatu sikap individu yang diperoleh secara kumulatif selama perkembangan hidup dan proses pembelajarannya, dimana individu akan terus belajar untuk bersikap mandiri dalam menghadapi situasi dilingkungannya. Dengan kemandiriannya seseorang dapat memilih jalan hidupnya untuk dapat berkembang dengan lebih mantap.

Secara Singkat dapat disimpulkan bahwa kemandirian mengandung pengertian :
  • Suatu keadaan dimana seseorang yang memiliki hasrat bersaing untuk maku demi kebaikan dirinya
  • Mampu mengambil keputusan dan inisiatif untuk mengatasi masalah yang dihadapi
  • Memiliki kepercayaan diri dalam mengerjakan tugas tugas yang diembannya
  • Bertanggung jawab terhadap hasil dari apa yang dilakukannya
Ciri ciri Kemandirian

Seseorang yang memiliki kemandirian memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
  1.  Mampu dan mau berinisiatif dalam segala hal.
  2. Mampu mengerjakan tugas rutin yang dipertanggungjawabkan padanya, tanpa mencari pertolongan dari orang lain.
  3. Memperoleh kepuasaan dari pekerjaannya.
  4. Mampu mengatasi rintangan yang di hadapi dalam mencapai kesuksesan
  5. Mampu berpikir secara kritis, kreatif dan inovatif terhadap tugas dan kegiatan yang dihadapi
  6. Tidak merasa rendah diri apabila harus berbeda dengan orang lain dan merasa senang karena dia berani mengemukakan pendapatnya walaupun nantinya berbeda dengan orang lain.
Kemandirian seseorang tidak terlepas dari faktor - faktor yang mendasari terbentuknya kemandirian, faktor faktor ini mempunyai peranan sangat penting dalam kehidupan yang selanjutnya.
 - aa2016 -
(Bersambung) 

Artikel Terkait Opini

0 komentar:

Posting Komentar