Minggu, 16 Oktober 2016

TAMBAH WAWASAN KESEHATAN WANITA, KEPUTRIAN LDII SEKOTA BATAM ADAKAN PENYULUHAN KEWANITAAN


Melalui bagian pemberdayaan perempuan dan kesehatan keluarga, Dewan Pimpinan Daerah Lembaga Dakwah Islam Indonesia (DPD LDII) kota Batam mengadakan acara pengajian sekaligus diisi penyuluhan kesehatan alat reproduksi wanita. Acara yang dilaksanakan pada hari Minggu, 16 Oktober 2016 ini dihadiri tak kurang dari 1000 peserta wanita baik dari kalangan ibu-ibu maupun remaja putri.

Dalam kesempatan perdana ini, DPD LDII kota Batam tak tanggung-tanggung mengundang pakar bidang ginekologi sebagai narasumber. Adalah Dokter Ni Made Indri Dwi Susanti, SpOG selaku pakar ahli di bidang Obstetri dan Ginekologi asal Rumah Sakit ternama RSAB (Rumah Sakit Awal Bros) Batam menjadi pembicara.
Dalam sambutannya, Bapak H. Santosa, SH, M.Si Ketua Ponpes Abdul Dohir memberikan ucapan banyak terima kasih atas kerja sama yang baik antara DPD LDII Kota Batam dan Rumah Sakit Awal Bros. Diharapkan kerja sama seperti ini akan lebih sering diadakan di kemudian hari. Ucapan terima kasih juga diucapkan untuk Ibu-Ibu PKK Kota Batam yang telah turut andil dalam meramaikan acara tersebut dengan memberi inovasi, motivasi, dan pengetahuan tentang bank sampah bagi para peserta.
Ir.H. Rudy Budi Suhardi Ketua DPD LDII Kota Batam

Selain itu, DPD LDII Batam juga turut mengundang Ibu Hj. Marlin Agustina Rudi selaku Ketua PKK Kota Batam beserta rombongan sebagai tamu kehormatan. Tampak hadir di acara yang dilangsungkan di Masjid Pondok Pesantren Abdul Dhohir, Sekupang, Batam Ibu Camat Sekupang dan Ibu Camat Bengkong beserta jajarannya.
Bapak Ir.H. Rudy Budi Suhardi selaku Ketua DPD LDII Kota Batam yang berkesempatan untuk mengisi sambutan kedua memaparkan bahwa acara ini diadakan sebagai wujud nyata; kontribusi langsung LDII khususnya LDII Kota Batam agar manfaatnya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat luas.
Ibu Hj. Marlin Agustina Rudi ( Ketua PKK Kota Batam )
Acara ini rupanya juga menuai respon positif yang sangat baik dari Ibu Hj. Marlin Agustina Rudi. Pada beberapa menit kesempatan beliau mengisi acara, Ibu dari delapan anak yang sekaligus menjabat sebagai Ketua PKK Kota Batam ini menyatakan kesanggupan organisasi wanita PKK Batam untuk sewaktu-waktu didatangkan guna memberi penyuluhan dan pelatihan bagi warga LDII, khususnya bagi para ibu-ibu dan remaja wanita.

“Dengan kesuksesan acara ini (pengajian dan penyuluhan kesehatan reproduksi wanita) diharapkan dapat dijadikan cerminan agar bisa melaksanakan kegiatan serupa yang bermanfaat. Salah satu planning dari kami kedepannya yaitu mengadakan pelatihan jurnalistik.” Tambah Ketua Umum DPD LDII Kota Batam.

Dokter Ni Made Indri Dwi Susanti, SpOG
Penyuluhan kali ini mengusung tema UPAYA MENJAGA KESEHATAN ALAT REPRODUKSI AGAR TERHINDAR DARI KANKER SERVIKS. Tema ini kiranya sangat penting diketahui khusunya bagi para Ibu-ibu dan anak usia remaja, sebab kanker serviks membunuh tak kurang dari 700 nyawa tiap harinya di dunia. Selain itu, kanker serviks merupakan salah satu jenis kanker yang bisa dicegah. Diharapkan bagi para peserta dapat lebih perhatian pada kesehatan mereka dengan menjaga pola makan sehat, olah raga cukup, dan hindari merokok.

Di akhir acara, Dokter cantik ini menyampaikan kesimpulan diantaranya satu-satunya kanker yang bisa dicegah adalah kanker serviks, gejala-gejala kanker serviks bisa dideteksi sejak dini salah satunya dari keputihan terus menerus, pentingnya menjaga pola makan sehat, dan pengetahuan bahwa virus HPV(Human Papillomavirus) dapat menular melalui air sehingga dihimbau untuk senantisa membawa tissue dan sedia sanitizer saat memakai toilet umum . Terakhir, beliau menegaskan untuk setia pada pasangan.



Para peserta penyuluhan antusias mengikuti tiap sesi dan menyimak dengan seksama penjelasan mengenai pengertian, penyebab, gejala, dan cara pencegahan serta pengobatan yang dipandu oleh Dokter Ni Made Indri Dwi Susanti, SpOG. Di akhir acara, panitia juga membuka sesi tanya jawab bagi para peserta. Tak lupa marchendise pun disiapkan bagi para peserta yang bertanya. (PipitSenja354)


Artikel Terkait Berita

0 komentar:

Posting Komentar