Senin, 16 Mei 2016

JURUS JITU MEMILIH PENDIDIKAN UNTUK ANAK


Hari Senin ini, tanggal 16 Mei 2016, Dinas Pendidikan Kota Batam, mulai menyelenggarakan Ujian Nasional (UN) untuk tingkat Sekolah Dasar.sebelumnya Dinas Pendidikan telah menyelenggarakan UN untuk tingkat SMP dan SMU/SMK.menjelang akhir tahun ajaran 2015/2016 dan menghadapi tahun ajaran 2016/2017, tentunya bagi para murid/siwa yang telah tamat,akan melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Dunia Pendidikan adalah salah satu bisnis usaha yang menjanjikan, banyak kalangan swasta mendirikan sekolah sekolah yang tentunya memiliki nilai lebih dari sekolah negeri atau pemerintah, seperti sarana prasarana, extrakulikulernya, program pendidikannya, dan lain lain, tentunya mempunyai nilai tersendiri dari segi ekonomi. ini menjadi pemikiran tersendiri bagi para orang tua disaat pelajar atau anak anaknya ingin melanjutkan jenjangnya, dari SD ke SMP, dari SMP ke SMA, dan sampai ke Perguruan Tinggi baik Swasta maupun Negeri.



Dalam hal ini, Ketua DPD LDII Kota Batam H. Rudy Bud Suhardi, memberikan beberapa tips atau saran dalam memilih jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Dalam memilih jenjang pendidikan yg lebih tinggi sebaiknya memperhatikan hal-hal berikut:

1. Disesuaikan dengan minat/bakat anak.
Hal ini sangat penting mengingat jenjang pendidikan yang akan ditempuh membutuhkan rentang waktu yang cukup panjang sehingga anak bisa merasa nyaman selama menjalani proses pendidikan tersebut apabila jenis/jurusan pendidikan yg ditempuh sesuai dengan minat/bakat anak.
Begitupun selanjutnya, pilihan jenis/jurusan pendidikan yang diambil pada umumnya akan mempengaruhi bidang karir yang akan ditempuh pada saat menghadapi dunia kerja maupun pada saat merintis usaha sendiri.
Akan menjadi suatu hal yang sangat menyenangkan apabila seseorang mempelajari dan melakukan pekerjaan yang dia sukai (sesuai dengan bakat/minat) yang pada akhirnya akan bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Disesuaikan dengan kemampuan anak.
Tingkat kemampuan intelektual anak berbeda-beda dan demikian juga dengan tingkat kesulitan dalam mempelajari materi pelajaran pada bidang-bidang pendidikan yang akan ditempuh. Tentunya pendidikan di bidang eksakta dan non eksakta mempunyai tingkat kesulitan dan kompleksitas yang berbeda.
Jadi anak diharapkan untuk bisa mengukur kemampuan diri sebelum menentukan pilihan dalam menempuh jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

3. Disesuaikan dengan kemampuan orang tua.
Biaya pendidikan pada saat ini cukup atau bahkan sangat mahal. Di lain pihak rentang waktu pendidikan (terutama di perguruan tinggi) cukup lama.
Jadi kemampuan orang tua dalam membiayai pendidikan putra-putrinya menjadi salah satu hal yang harus dipertimbangkan dalam memilih lokasi (di kota sendiri atau kota lain), jenis pendidikan (ikatan dinas atau biaya sendiri) maupun masa studi dari pendidikan lanjutan yang akan ditempuh"


Itulah beberapa tips bagi orang tua dalam memilih dunia pendidikan untuk para putra putrinya, semoga tips ini bermanfaat untuk kita semua. (ldiibatam/dyn/2016)

Artikel Terkait Opini

2 komentar:

  1. Sekolah bukan hanya menstranfer ilmu, atau menamatkan jenjang akan tetapi juga menyangkut bagaimana guru bisa mengajar juga mendidik bisa memberikan contoh yg baik, termasuk moral, aklak dan kepribadian sehingga terwujud insyan yg cerdas, berkarakter,dan religius, guru adalah sumber ilmu dan gagasan, dan akan selalu dihormarti oleh murid muridnya betikanlah yg terbaik ke anak didik, Ing Ngarso sung tulodho, ing Madyo Mbangun Karso, Tutwuri Handayani.

    BalasHapus
  2. Mantap om jurusnya. Thanks ya :)

    BalasHapus