Minggu, 15 Mei 2016

LDII Batam Gelar Pelatihan Parenting Skill

Batam, 15 Mei 2016. Maraknya tindak kekerasan terhadap anak di bawah umur yang terjadi akhir-akhir ini, menimbulkan keprihatinan yang mendalam dari semua kalangan. Pengaruh lingkungan yang buruk, kemajuan teknologi informasi yang tak terkendali, oleh sebagian orang dijadikan sebagai penyebab utama atas tindakan-tindakan kriminal tersebut. Padahal jika kembali menengok ke belakang, kurangnya atau bahkan kelirunya pendidikan orang tua kepada anak-anaknyalah yang sebenarnya menjadi penyebab utama. 

Berlatar belakang alasan tersebut, DPD LDII Kota Batam bekerja sama dengan Penggerak Pembina Generus (PPG) kota Batam melakukan tindakan preventif dengan menggelar kembali Pelatihan Parenting Skill pada hari Minggu tanggal 15 Mei 2016, berlokasi di aula pertemuan Masjid Miftahul Huda, Bengkong Baru. Berbeda dengan penyelenggaraan pelatihan Parenting Skill sebelumnya yang diselengarakan di Sekolah Bina Nusantara Plamo Garden pada 8 Agustus 2015 lalu, Acara pelatihan kali ini berlangsung lebih sederhana, namun efektif. Dibuka dengan penyampaian dalil-dalil mengenai peramutan anak yang telah dihimpun dari Al Quran dan Al Hadist oleh Ustadzah Minung, acara dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Ibu Ilma (selaku pakar psikologi. Sebanyak kurang lebih 40 ibu-ibu peserta perwakilan dari masing-masing PC LDII se-kota Batam menunjukkan antusiasmenya. Dalam presentasinya, Ibu Ilma menjelaskan mengenai tugas perkembangan. “ Tugas perkembangan adalah tugas yang harus dilakukan oleh seseorang dalam masa tertentu, yang mana disini ditekankan adalah tugas orang tua sesuai tahap pertumbuhan anak-anaknya” jelas Ibu Ilma. Dijelaskan olehnya mengenai tugas perkembangan dari usia 0-2 tahun sampai dengan masa dewasa lanjut yaitu usia lebih dari 60 tahun.

Dalam Kegiatan tersebut ketua DPD LDII Kota Batam Ir.H. Rudy Budi Suhardi menyambut baik kegiatan tersebut , "Kegiatan ini merupakan program kerja DPD LDII Kota Batam dalam rangka peningkatan pengetahuan dan kompetensi para orang tua dalam mendidik anak-anaknya sehingga bisa menjadi anak-anak yang berakhlakul  karimah, mempunyai pemahaman agama yg kuat serta bisa mandiri secara ekonomi sehingga pada akhirnya bisa terwujud generasi yg profesional religius sesuai dengan harapan kita semua" papar beliau.
Ir.H. Rudy Budi Suhardi Ketua DPD LDII Kota Batam


Dipenghujung acara, panitia pelaksana menyampaikan harapan mereka kepada masing-masing perserta pelatihan untuk dapat menyampaikan kembali materi yang telah diberikan dalam pelatihan hari ini kepada masing-masing ibu-ibu warga LDII di lingkup PC-nya masing-masing. Dengan ini, harapannya para orang tua bisa memiliki pondasi dasar yang lebih kuat dalam membina anak-anaknya sehingga terbebas dari pengaruh buruk dalam tumbuh kembang si anak. (RAA/16)

Artikel Terkait

0 komentar:

Posting Komentar